Review: BUNGOU STRAY DOGS | 2016

 


Genre: Action, comedy, mystery, superpower, supernatural


Finally aku mencoba menonton Bungou Stray Dogs, di mana aku ingin mengetahui seberapa mengagumkannya tokoh Dazai Osamu yang digemari banyak orang. Di season 1 ini, pembukaannya menarik sekali. Membawa plot di mana Dazai ialah maniak bunuh diri dan bahkan memiliki buku panduannya. Pertemuannya dengan Atsushi untuk menemukan manusia harimau menarik.


Aku sangat menyukai season ini karena kemenarikan dan plot twistnya stabil sedari awal. Genrenya sesuai, disabet keseluruhan sekaligus dalam satu anime. Kurang lebih, season 1 ini membahas: siapa manusia harimau sesungguhnya, tes uji coba pekerjaan Atsushi, klien tapi musuh, pelaku penyeludupan, misteri pengirim pesan langit-raja langit, keberadaan bom Yokohama, pertarungan luar biasa Akutagawa dengan Atsushi—pembantaian dahsyat versus regenerasi penyerangan, penjebakan dimensi Lucy (anggota Guild) pula peran Mori Ougai (pimpinan port mafia). Aku sudah menyadari nama Rintarou sebelumnya, tapi ini tetap plot twist untukku akan pimpinan organisasi musuh tersebut.


ADB (Agen Detektif Bersenjata) yang berisikan Dazai dan lainnya nampak seperti pahlawan epic sungguhan yang menuntaskan kasus di daerahnya. Kurang lebih aku jadi teringat akan drama korea 'Law School', di mana anime ini sama-sama memecahkan kasus dengan jeli, bertaktik disertai hal-hal tak terduga. Aku tidak menyangka untuk season 1 Bungou Stray Dogs begitu memikatku. Tokoh antagonisnya hebat-hebat. Tim agensi lawan port mafia dibuat sangat panas. Didukung tokoh Akutagawa beserta tokoh penjahat lain yang memiliki masa lalu tersendiri beserta Dazai. Aku jadi penasaran masa lalu Dazai dengan musuh yang dulunya ialah koloninya.


Aku suka visualnya, alurnya bagus, tokoh dan kekuatannya keren-keren. Meski Dazai sangat bersinar dengan kekuatan (Tak Lagi Manusia)-nya, secara personal aku sama halnya menyukai Kenji, lelaki desa yang penuh energi kebaikan dan mengajariku secara tidak langsung akan 'cita-citanya'.

"Di pedesaan, sapi sering marah dan tidak mendengarkanmu. Di saat seperti itu, jangan kalah dengan hujan, jangan kalah dengan angin, ataupun pipa besi, atau dengan pisau, atau tongkat metal. Jadilah tubuh yang sehat, tanpa hawa nafsu. Jangan pernah marah. Selalu tersenyum. Aku ingin menjadi seperti itu selama ini."

-Kenji


Aku rasa anime ini pantas sekali untuk mendapat rating tinggi melebihi anime teratas lainnya!


"Solusi logis dan optimal selalu ada dalam situasi perang apapun, tak peduli sesulit apa tantangannya. Kau tak boleh lupa itu, terutama saat dalam kebingungan, saat kau merasa bertindak gegabah."

-Rintarou


Rate: 5/5

x Japan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review: Forgotten | 2017

Review: ANOHANA: THE FLOWER WE SAW THAT DAY | 2013

Review: THE CHRONICLES OF NARNIA S1-S3 | 2005, 2008, 2010